Mengukur Kecepatan Koneksi Anda

Berapa sebenarnya kecepatan koneksi anda ? Kenapa koneksi saya terasa lambat ? Pada halaman ini anda dapat mengukur kecepatan koneksi menggunakan web browser, baik untuk akses via modem, leased line (Astinet), ADSL, cable modem, dll.

Untuk mengukur kecepatan koneksi, ketika anda membuka halaman ini maka anda akan men-download sejumlah data dari server kami. Setelah proses tersebut selesai, maka kecepatan koneksi anda dapat dilihat pada tabel di samping maupun pada grafik dibawah.

Bagi anda yang menggunakan akses CJY-Net, pengukuran ini relatif lebih akurat karena menggunakan jaringan internal. Bila anda menggunakan modem 56 Kbps, dan saluran telepon anda cukup bagus, maka kecepatan koneksi > 40 kbps bisa anda dapatkan. Apabila kecepatan pengukuran ini jauh lebih rendah dari yang ditunjukkan pada PC Windows, maka kemungkinan besar driver modem anda kurang cocok (lihat FAQ dibawah).

Perhatian : Untuk mengulangi pengukuran, gunakan menu Refresh atau Ctrl-Refresh. Langkah diatas diperlukan untuk memastikan anda mendownload data dari server kami dan bukan dari cache proxy di tempat anda. Bila anda mendapatkan kecepatan mentok, kemungkinan besar anda men-download cache ;).

Grafik kecepatan
Mentok:) - - - Cable
- - - - - - - - - - ADSL
2Mbps - - - E1
- - -
1.5Mbps - - - T-1
- - -
1Mbps - - -
- - -
500Kbps - - - ADSL
- - -
200Kbps - - -
- - -
100Kbps - - - Astinet
60Kbps - - - Astinet
50Kbps - - - 56K
40Kbps - - -
30Kbps - - - 33.6K
20Kbps - - - 28.8K
10Kbps - - - 14.4K


Beberapa link menarik :

ZDNet SpeedTest -- Sangat bermanfaat untuk mengukur kecepatan efektif koneksi ke situs luar negeri. Karena berlokasi di US, maka kecepatan koneksi ini dapat mengukur seberapa jauh performansi dan besar bandwidth koneksi (ISP) anda ke luar negeri.

Broadband Speedtest -- Speedtest broadband (di US) serta kumpulan link situs speedtest dari berbagai model pengukuran dan lokasi.

Forum Diskusi -- Untuk membahas topik ini anda dapat berpartisipasi pada forum CJY-Net, saran dan masukan sangat kami harapkan.

Lampiran perhitungan :
* waktu awal download : 1262068495364
* waktu akhir download : 1262068578534
* waktu download (akhir-awal) : 83.17
* ukuran file (kilobyte) : 50 KB
* perkiraan kecepatan (Kilobits/s) : 4.9 Kbps
* perkiraan kecepatan (KiloBytes/s) : 0.6 KBps

Pertanyaan dan Jawaban (FAQ)
Bagaimana cara pengukuran kecepatan koneksi ini?
Kenapa hasilnya pengukurannya berubah-ubah?
Kenapa kecepatan koneksi hasil pengukuran ini lebih rendah dari yang ditampilkan pada Windows PC saya?
Faktor apa saja yang bisa menyebabkan kelambatan akses?
Saya menggunakan modem 56K, kenapa kecepatannya jauh di bawah 56k?

Bagaimana cara pengukuran kecepatan koneksi ini?

Ketika ada membaca halaman ini, maka pada saat yang bersamaan kami mengirimkan data biner dengan ukuran tertentu. Pada waktu sebelum data tersebut dibaca oleh komputer anda, server kami akan mencatat waktu pada saat itu. Begitu data selesai dibaca, server juga mencatat waktu akhir pembacaan. Berdasarkan ukuran file dan selang waktu yang dibutuhkan untuk membaca data tersebut, maka kami dapat menentukan kecepatan koneksi anda.

Kenapa hasil pengukurannya berubah-ubah?

Kecepatan koneksi internet pada dasarnya tergantung banyak faktor. Seperti halnya jalan raya yang memiliki banyak tikungan dan jalan dengan batas kecepatan yang bervariasi, koneksi internet memiliki berbagai jenis perangkat (modem, PC, server, router, dll) dari berbagai penyelenggara jaringan yang berbeda.

Karena itu kecepatan koneksi secara keseluruhan sangat bergantung dari kesibukan dan performansi perangkat yang dilalui baik dari PC dan modem anda, jaringan ISP, interkoneksi dari ISP ke jaringan TelkomNet (jika menggunakan ISP selain Telkom) dan juga kesibukan server kami.

Untuk menghasilkan data yang relatif stabil, anda dapat mencoba pengukuran pada jam diluar jam sibuk. Jangan lupa pada saat melakukan pengukuran untuk tidak menjalankan program lain pada PC anda (apalagi melakukan koneksi internet / download ke situs lain) karena akan mempengaruhi akurasi pengukuran.

Kenapa kecepatan akses saya lebih rendah dari yang ditampilkan pada Windows PC saya?

Tampilan koneksi pada Windows (pada layar kanan bawah) tidak menggambarkan kecepatan koneksi secara real. Sebagai contoh, tampilan koneksi pada satu PC bisa mencapai 56 kbps atau bahkan 115 kbps. Angka tersebut lebih menunjukkan kecepatan antara PC ke modem. Sedangkan kecepatan yang sebenarnya harus diukur dari komputer anda ke server tujuan.

Kecocokan driver modem juga sangat mempengaruhi. Pada satu kasus, koneksi menggunakan modem yang sama dengan driver yang berbeda memberikan kecepatan koneksi real yang berbeda, walaupun pada layar windows tertera kecepatan yang hampir sama.

Faktor apa yang menyebabkan koneksi lambat, bagaimana solusinya?

Dari sisi pengguna, kemampuan PC dan terutama kecocokan modem sangat mempengaruhi kecepatan koneksi antara pengguna ke RAS ISP (TelkomNet) terdekat. Gunakan PC yang cukup dan modem dengan driver yang mendukung protokol 56 kbps V.90.

Masalah modem ini sangat penting mengingat RAS TelkomNet menggunakan teknologi V.90 dengan koneksi digital. Agar dapat bekerja maksimal, protokol ini membutuhkan saluran yang bersih dengan modem yang andal sehingga kecepatan dapat di-ajust bila diperlukan. Pada beberapa software driver modem, perubahan kecepatan akanmenyebabkan diskonek atau bahkan mengalami kegagalan login (gagal negoisasi speed pada saat handshaking).

Bagi anda yang mengakses dari ISP lain, kecepatan menggunakan pengukuran halaman ini sangat bergantung dari koneksi antara ISP anda ke TelkomNet.

Saya menggunakan modem 56 K, kenapa kecepatannya selalu di bawah 56 K?

Koneksi modem kecepatan 56 Kbps hanya dapat terjadi dengan berbagai syarat, antara lain koneksi RAS (Remote access Server = modem pool) ke sentral telepon secara digital (E1), sambungan kabel telepon lokal yang bersih dan bebas interferensi.

Tidak semua ISP menggunakan akses digital E1, sehingga walaupun menggunakan modem 56 K tetapi kecepatan tersebut tidak akan pernah tercapai. Walaupun ISP menggunakan sambungan digital E1 (seperti CJY-Net dan jaringan TelkomNet lain), kualitas kabel telepon lokal sangat berpengaruh kecepatan maksimal yang bisa dicapai.

Pada kenyataannya akses dengan kecepatan penuh 56Kbps sangat jarang terjadi, kecuali di daerah dekat sentral telepon. Biasanya kecepatan yang terjadi berkisar 41-50 Kbps. Hal ini bukan cuma terjadi di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Bahkan di Amerika, FCC dengan pertimbangan mengurangi interferensi, membatasi kecepatan hingga 53 Kbps.


Kritik dan saran (comment and feedback) : Webmaster sejak 25 Nov' 2001

CJY-Net (www.sijiwae.net)

email:
helpmedia@telkom.co.id
c4@telkom.co.id
admin@sijiwae.net


Test Kecepatan BandWidth Anda, sekarang :
http://www.sijiwae.net/speedtest/


Info: CJY-Net


di-link ke

http://www.sijiwae.net/speedtest/